Bentuk reklame yang baik, mudah dipahami dan menarik harus memperhatikan beberapa unsur pendukungnya. Beberapa unsur pendukung tersebut adalah ;
a. Teks atau slogan yang jelas dan mudah dimengerti
Terdiri dari teks utama (headline) dan teks penjelasan yang mendukung headline
b. Bahasa yang baik dan menarik dengan bentuk huruf yang sesuai
Pemilihan bahasa dan kalimat harus
disesuaikan dengan sasaran konsumen / pembaca yang akan menggunakan
produk, begitu juga dengan bentuk dan warna hurufnya. Bahasa
yang digunakan pada reklame pupuk untuk petani tentu berbeda dengan
bahasa yang digunakan pada reklame komputer untuk pengusaha, berbeda
juga dengan reklame mainan untuk anak-anak.
c. Gambar illustrasi menarik dan mudah diingat.
Ilustrasi gambarnya tidak boleh bohong artinya bentuk gambar harus sesuai dengan produk aslinya. Obyek yang digunakan juga menyesuaikan dengan tema dan tujuan reklamenya. Misalnya gambar-gambar kartun yang lucu banyak digunakan pada reklame produk anak-anak.
d. Lay Out yang baik (tata letak antara gambar dengan tulisan)
Harus cerdik dalam menempatkan posisi teks dan gambarnya. Dalam
hal ini pengaturan komposisi mempunyai peran penting sehingga secara
keseluruhan reklame menjadi enak dilihat dan pesan yang disampaikan
cepat dipahami.
e. Warna yang menarik dan tepat sesuai dengan isi reklame
Dalam hal ini harus dipahami sifat-sifat
warna, karena jenis warna sangat mempengaruhi psikologis orang yang
melihatnya. Terlalu banyak warna merah cenderung membuat orang yang
melihatnya merasa panas sehingga kurang sesuai jika digunakan pada
reklame minuman segar. Contoh
lain, anak-anak menyukai warna-warna yang terang dan cerah, sehingga
untuk reklame produk anak-anak, jenis warna seperti merah, kuning, biru,
banyak digunakan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar